Rumah Kepala Desa Nyaris Dibakar Warga

ilustrasi
Share :
ilustrasi
ilustrasi

ragamlampung.com — Ratusan warga Kampung Ringinsari, Kecamatan Banjarmargo, Tulangbawang, Selasa (16/8/2016), mendatangi rumah kepala desa setempat, Heri Kuswanto. Aksi warga berhasil dihadang personel Polres Tulangbawang, namun suasana tetap memanas.

Beberapa saat secara tiba-tiba ada yang mencoba untuk membakar rumah kepala desa, yang dalam keadaan kosong itu. Upaya anarkis dapat dicegah aparat. Kapolres Tulang Bawang AKBP Agus Wibowo turun tangan langsung dan negosiasi dengan massa.

Akhirnya emosi massa tenang, mereka hanya berkumpul sekitar 200 meter dari rumah kepala desa tersebut.

Sehari sebelumnya ratusan warga itu mendatangi kantor pemerintah kabupaten seetmpat. Mereka menyampaikan ketidakpuasan kinerja dan menuntut pemberhentian kepala desa setempat. Selain itu, kepala kampung diduga telah menjual lahan milik kampung yang berujung sengketa sejak sepuluh bulan lalu.

Sementara, Pemkab Tulangbawang akan membentuk tim, guna menyikapi konflik tersebut. Asisten I bidang Pemerintahan dan Perekonomian Tuba, Pahada Hidayat menyatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Bupati Hanan A Rozak untuk mengecek kebenaran tuntutan, yang disampaikan masyarakat saat orasi di kantor bupati, Senin (15/8/2016).

Hingga kini aparat kepolisian masih berjaga di sekitar kediaman kepala desa di Ringinsari. Kapolres Tuba AKBP Agus Wibowo mengatakan, pihaknya masih menyiagakan pleton personel Polres untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan. (ar)

Share :