Pemkab Tuba Antisipasi Isu Gangguan Stabilitas Daerah

rapat kominda, pemkab tulangbawang, kamis (22/9/2016). (humas tuba)
Share :
rapat kominda, pemkab tulangbawang, kamis (22/9/2016). (humas tuba)
rapat kominda, pemkab tulangbawang, kamis (22/9/2016). (humas tuba)

ragamlampung.com — Pemerintah Kabupaten Tulangbawang (Tuba) menghadapi pemilihan kepala daerah tahun depan, mengantisipasi isu yang bisa memecah stabilitas daerah.

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) setempat mengadakan rapat (Kominda) dan tim terpadu penanganan gangguan keamanan dalam negeri untuk membahas sejumlah potensi konflik yang mungkin terjadi.

Kepala Kesbangpol Tulangbawang Yen Dahren saat rapat Kominda, Kamis (22/9/2016), yang dihadiri perwakilan Kejari Menggala dan beberapa elemen terkait, meminta seluruh anggota Kominda bekerjasama dengan masyarakat, pemerintah dan Ketua RT.

Tujuannya mencegah dan mendeteksi potensi konflik sejak dini. Tiap anggota Kominda yang terdiri anggota intel sejumlah instansi pemerintah bekerjasasama dan kerja keras mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan yang mengancam keamanan dan ketentraman wilayah.

“Informasi dan hasil rapat akan kami sampaikan kepada bupati untuk dijadikan bahan pengambilan keputusan mengantisipasi perkembangan situasi keamanan dan ketertiban di masyarakat” katanya.

Ia juga berharap terbentuk Tim Pusat Pengendalian Krisis(Pusdalsis) di kabupaten itu, karena akan memudahkan koordinasi antaraparat keamanan.

“Dengan demikian, jika ada indikasi kecil gangguan keamanan saat pemilu bisa langsung diatasi sebelum berdampak lebih buruk lagi,” kata dia. (ar)

Share :