Menpan RB Terbitkan Surat Kenaikan Tipe Tiga Polda

kantor polda lampung (humas polda)
Share :
kantor polda lampung (humas polda)
kantor polda lampung (humas polda)

ragamlampung.com — Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur menerbitkan surat bernomor B/3108/M.PANRB/9/2016 mengenai Penguatan Susunan Organisasi dan Tata Kerja Polri. Melalui surat itu, kini tiga Kepolisian Daerah (Polda) resmi naik pangkat menjadi tipe A.

Dengan demikian, ketiga Polda tersebut kelak harus dipimpin oleh jenderal bintang 2 polisi atau berpangkat Inspektur Jenderal. Ketiga Polda tersebut Polda Lampung, Riau, dan Kepulauan Riau.

“Polda Riau juga naik jadi tipe A bersamaan. Karena itu Wakapoldanya diganti juga, yang masuk ada lebih senior lagi. Jadi ada tiga Polda yang naik tipe Riau, Kepri, dan Lampung, jadi menyesuaikan,” ujar Kepala Divisi Humas Polri Irjen (Pol) Boy Rafli Amar.

Kondisi ini yang membuat Kombes Krishna Murti dicopot dari jabatannya sebagai Wakapolda Lampung. Mengingat dirinya masih berpangkat Komisaris Besar dan dinilai masih terlalu junior naik menjadi Brigadir Jenderal.

“Sudah resmi. Dengan perubahan tipologi itu, maka (posisi Wakapolda) akan diisi Brigjen. Hasil Wanjak menilai, angkatan 91 dia (Krishna), sebelumnya kan (posisi Wakapolda dijabat) Kombes ya,” kata Boy, Sabtu (24/9/2016).

Kenaikan tipe itu juga disebut alasan digantinya Kapolda dan Wakapolda Riau, karen kasus penanganan kebakaran lahan. Sedang Kombes Krishna karena isu perempuan dan video papa.

Berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/2425/IX/2016 tertanggal Jumat (23/9/2016), Kapolda Riau Brigjen Supriyanto dimutasi menjadi Irwil II Itwasum Polri.

Posisi Kapolda Riau yang ditinggalkan Brigjen Supriyanto akan diisi oleh Brigjen Zulkarnain. Zulkarnain sebelumnya menjabat Kapolda Maluku Utara.

Sedangkan posisi Kapolda Riau yang ditinggalkan Zulkarnain akan diisi oleh Brigjen Tugas Dwi Apriyanto. Brigjen Tugas sebelumnya menjabat Kasetukpa Polri Lemdikpol.

Tidak hanya di posisi Kapolda, posisi Wakapolda Riau juga mengalami pergantian. Wakapolda Riau Kombes Suharsono dimutasi ke Irbidjemensdm I Itwil III Itwasum.

Posisi Wakapolda Riau akan diisi oleh Kombes Ermi Widyatno. Ermi sebelumnya menjabat Widyaiswara Muda Sespimti Sespim Polri Lemdikpol. Sedang Kombes Krishna yang menjadi Wakapolda Lampung ditarik ke Mabes Polri. (ar)

Share :