Pemprov Siapkan Penerapan Lampung Kompeten

rapat persiapan penerapan lampung kompeten, rabu (12/10/2016)
Share :
rapat persiapan penerapan lampung kompeten, rabu (12/10/2016)
rapat persiapan penerapan lampung kompeten, rabu (12/10/2016)

ragamlampung.com — Lampung Kompeten merupakan komitmen Pemerintah Provinsi Lampung untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) daerah melalui program sertifikasi keahlian/profesi. Sehingga diakui di sektor pekerjaan tertentu dan memiliki nilai tawar tinggi di bursa kerja nasional maupun internasional.

Demikian sambutan tertulis Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo yang dibacakan oleh Pj Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono, dalam rapat persiapan Lampung Kompeten bersama Kepala BNSP dan Ketua LSP, di Kantor Gubernur, Rabu (12/10/2016).

Gubernur mengatakan, peningkatan kompetensi akan dikelompokkan dalam kompetensi SDM aparatur sebagai pilot project reformasi birokrasi. Dan kedua kompetensi masyarakat melalui sertifikasi oleh BNSP dan LSP. Prioritas pada bidang pertanian, infrastruktur, kesehatan, dan pariwisata.

Dengan mempertimbangkan bahwa sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan menopang 31,8% perekonomian Lampung, pemprov akan memprioritaskan pada tahap awal target sertifikasi diberikan kepada lima ribu orang pekerja dari sektor pertanian.

Selanjutnya tahun 2017 untuk profesi lainnya melalui pelatihan di BLK, perguruan tinggi, dan SMK.

Kepala Bappeda Lampung Taufik Hidayat mengatakan, pada rapat persiapan itu menghadirkan Komisaris BNSP Surono dan Komisaris Utama LSP Nurcahyo Adi.

Rapat diikuti 150 peserta dari unsur Forkopimda, perwakilan kabupaten/kota se-Provinsi Lampung, instansi terkait di Pemprov Lampung, akademisi, dan BLK se-Provinsi Lampung. (ar)

Share :