Puluhan Tahun Menunggu, Warga Desa Itu Akhirnya Nikmati Listrik

ilustrasi
Share :

desa-pagar-dewa-tulangbawang-barat
ragamlampung.com — Setelah menunggu puluhan tahun, keinginan warga yang tinggal di desa tua, Kabupaten Tulangbawang Barat, mendapat penerangan listrik dari perusahaan negara akhirnya terpenuhi.

Tiyuh (Desa) Pagar Dewa, Kecamatan Pagar Dewa, merupakan salah satu tiyuh tua, dan sudah 71 tahun lebih hanya mengandalkan penerangan dari genset atau lampu teplok.

PT PLN dalam program Penyalaan Bersama Listrik Desa 2016, bertepatan peringatan Hari Listrik Nasional ke-71, menjadikan Tiyuh Pagar Dewa salah satu desa di Provinsi Lampung yang mendapat aliran listrik.

“Terima kasih kepada pemerintah dan PLN, Tiyuh Pagar Dewa ini kecamatan terakhir di Tulangbawang Barat yang belum mendapatkan listrik,” kata Camat Pagar Dewa Umar Usman, di Balai Tiyuh Pagar Dewa, Kamis (27/10/2016).

Sedangkan Manajer Bidang Perencanaan PLN Lampung Agustian yang hadir di tempat itu mengatakan, aliran listrik ke desa itu hasil kerja sama pemerintah setempat dengan PLN.

Ia menambahkan, peringatan dan penyalaan bersama listrik desa juga diadakan di seluruh kabupaten/kota se-Lampung. “Acara serupa kita adakan serentak di Provinsi Lampung dan telah mendapatkan sebanyak 1.246 pelanggan. Di Tiyuh Pagar Dewa, sudah ada 142 pelanggan dan nanti dinyalakan secara simbolis,” katanya.

Agustian mengakui, masih banyak desa di Provinsi Lampung belum mendapatkan aliran listrik PLN. Ada sekitar 200 desa belum terlayani listrik. (ar)

Share :