Menag Buka AICIS di IAIN Raden Intan

Share :

aicis-raden-intan-lampung
ragamlampung.com — Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin membuka Konferensi Internasional Studi Islam (Annual International Conference on Islamic Studies-AICIS) ke-16 di IAIN Lampung, Bandarlampung, Selasa (1/11/2016) malam.

AICIS diikuti seluruh perguruan tinggi Islam di Indonesia, menghadirkan puluhan pembicara dari dalam dan luar negeri. AICIS berlangsung seluruhnya di kampus IAIN Raden Intan hingga berakhir pada Jumat (4/11/2016).

Menag mengajak, forum merumuskan nilai-nilai Islam yang berkembang di nusantara. Adapun tiga ciri nilai Islam yang berkembang di Indonesia, yang membedakan nilai Islam yang berkembang di negara lain yakni: pertama, nilai Islam moderat, nilai Islam yang toleran, tawazun (keseimbangan).

Kedua, nilai Islam yang mempertahankan tradisi. Ketiga, nilai Islam yang nasionalis, Islam yang ber-Indonesia. “Dari kajian nilai Islam Indonesia, selanjutnya akan menjadi acuan untuk menjawab tantangan peradaban Islam dunia,” katanya.

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo mengaku senang menjadi tuan rumah sebuah perhelatan besar seperti AICIS. Apalagi pertemuan ini mengusung dan mempromosikan kontribusi Islam Indonesia bagi peradaban dunia.

“Momentum yang sangat tepat dalam mengusung tema besar kontribusi Islam Indonesia dalam membangun peradaban dunia,” katanya. (ar)

Share :