Bawaslu Kritik Pemasangan APK di Tulangbawang Barat

Share :

ragamlampung.com -– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Lampung, mempertanyakan alat peraga kampanye (APK) calon tunggal Umar Ahmad-Fauzi Hasan yang dipasang KPU Kabupaten Tulangbawang Barat.

APK yang dipasang itu terkesan seperti kampanye karena hanya memasang untuk satu pasangan calon. Padahal, idealnya alat peraga ditambahkan kolom kosong untuk memberikan informasi kepada masyarakat bahwa pemilihan kepala daerah tahun 2017 nanti, bebas memilih gambar calon atau kolom kosong.

“Kami belum tahu petunjuk teknis terkait APK calon tunggal, tapi idealnya harus ada kolom kosong dan desainnya sudah ada di KPU,” kata Ketua Bawaslu Lampung, Fatikhotul Khoiriyah di Tulangbawang Barat, Kamis (1/12/2016).

Warga lainnya juga mempertanyakan minimnya sosialisasi KPU setempat. Menanggapi hal itu anggota KPU Tulangbawang Barat Gatot Santoso mengatakan, sosialisasi telah dilakukan dengan 15 kegiatan.

Kegiatan tidak hanya berupa pertemuan terbatas atau pertemuan tatap muka, tetapi menggunakan bahan kampanye yang bertujuan mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya pada 15 Februari nanti. (ar)

Share :