Tak Ada Satu Pohon yang Rusak, Sebagian Peserta Aksi Pulang

Share :

ragamlampung.com — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan 300 bus untuk mengantar peserta aksi damai 2 Desember 2016 kembali ke tempat asal mereka masing-masing. Mereka yang sudah diberangkatkan antara lain tujuan Lampung, Bogor, Bandung, dan Sukabumi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Jumat (2/12/2016), dari 300 bus itu sebanyak 200 bus siap diberangkatkan di senayan, dan 100 bus dalam posisi siap diberangkatkan di masing-masing perusahaan otobus jika diperlukan.

Saat ini sudah sekitar 50 bus yang diberangkatkan oleh Kemenhub. Bus-bus tersebut, paparnya, masih akan terus mengangkut peserta aksi damai secara gratis hingga Sabtu (3/12/2016) pagi.

Kemenhub juga menyediakan angkutan kereta api gratis dari Stasiun Gambir ke Purwekerto dan Semarang.

Para peserta aksi unjuk rasa atau Aksi Super Damai Bela Islam Jilid III berangsur-angsur meninggalkan kawasan Monas, Jakarta Pusat. Sebelum meninggalkan kawasan itu, sebagian peserta melakukan operasi semut.

“Teman-teman sambil jalan pulang sambil pungut sampah ya,” ujar salah satu ketua rombongan. Mendapat perintah itu, ribuan orang langsung memunguti sampah sambil berbekal kantong plastik hitam besar.

Ratusan peserta juga membersihkan jalanan dengan menyapu sampah-sampah yang berserakan. Sebagian lagi, memeriksa kantong sampah yang telah penuh agar langsung diangkut oleh petugas dari Dinas Kebersihan.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut aksi tersebut murni kegiatan ibadah mulai zikir, salat Jumat hingga doa bersama.

“Saya dapat laporan dari DKI, tidak ada satu pohon pun yang patah, tidak ada satu cabang pun yang patah,” ujar Tito, saat mengunjungi aparat keamanan di Kompleks Gedung MPR/DPR, Jakarta Selatan, Jumat (2/12/2016).

Bahkan kata Tito, peserta aksi damai yang melaksanakan kegiatan ibadah betul-betul menjaga pohon dan tanaman agar tidak rusak. Tito pun mengapresiasi seluruh peserta maupun panitia aksi damai yang menjaga betul aksi berlangsung damai.

“Kepada masyarakat yang datang ke Monas dan sekitarnya, ampai ke jalan Thamrin, kemudian ke daerah Gambir, Masjid Istiqlal, ini semua Alhamdulillah berlangsung dengan betul-betul damai,” katanya.

Ia juga mengucapkan apresiasi dan terimakasih terhadap aparat gabungan TNI dan Polri yang mengawal aksi damai dan melayani masyarakat dengan baik. (ar)

Share :