Air Garam Memang Mampu Redakan Sakit Gigi

Share :

ragamlampung.com — Sakit gigi sepertinya penyakit populer di masyarakat Indonesia. Meski penyakit kecil tapi sangat menganggu dan menyebabkan penderitanya kalang kabut. Dan jika dibiarkan hingga kronis, ini adalah penyakit berbahaya.

Tiap orang yang pernah mengalami sakit gigi biasanya tahu apa yang harus dilakukan jika menghadapi penyakit ini. Mulai obat, pencegahan non-medis, atau cara lainnya yang ampuh atau sekadar meredakan rasa sakit.

Salah satunya air garam untuk penyembuhan gigi yang sakit. Garam diyakini meredakan hingga menyembuhkan sakit gigi. Tapi, ada yang meragukannya karena mungkin sudah mencoba tapi tidak berhasil.

drg. Rita Kustari, dokter spesialis gigi dan mulut di Rumah Sakit Umum Abdul Moeloek, Bandarlampung, menjelaskan, berkumur dengan air garam bisa mengurangi rasa nyeri karena sakit gigi. Dalam garam banyak terkandung zat Magnesuium, Kalsium, Flour dan Yodium yang dapat membantu mengurangi rasa sakit.

“Kandungan zat itu terdapat juga di pasta gigi (odol) yang dijual di pasaran. Flour yang ada di garam membantu membentuk lapisan antara gigi dan gusi lebih kuat, sehingga membuat gigi lebih sehat,” katanya.

Ia mengatakan, berkumur dengan air garam juga dikategorikan obat kumur sederhana dan penolong saat darurat sebelum dibawa ke dokter.

drg. Rita menganjurakan penggunaanya hanya 1 sendok teh per 250 cc air atau 1 gelas air. setelah itu kumur-kumur sekitar 5 menit. Namun, ia mengingatkan penderita gigi sensitif tidak dianjurkan berkumur dengan air garam, karena gigi akan bertambah sensitif. (ar)

Share :