Mabes Polri Belum Bisa Bangun Polres di Tulangbawang Barat

kapolda lampung irjen sudjarno saat kunjungan kerja ke tulangbawang barat, rabu (4/1/2017),
Share :

ragamlampung.com — Kepolisian Resor di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), diperkirakan belum bisa dibentuk tahun 2017 ini karena rencana Mabes Polri membentuk Polres di Indonesia terbatas.

Dalam setahun anggaran, hanya 5 sampai 6 membentuk Polres di seluruh Indonesia, padahal yang muncul ratusan Polres sesuai pemekaran wilayah kabupaten/kota.

“Di Polda Lampung kemarin dapat satu, yakni Pesawaran. Saya tidak tahu Tubaba kapan dapatnya, kalau tahun ini saya jamin tidak bisa. Tapi, akselerasinya bisa dipercepat dengan dorongan seluruh pemangku kepentingan,” kata Kapolda Lampung Irjen Pol Sudjarno, saat kunjungan kerja di Tubaba, Rabu (4/1/2017).

Ia menambahkan, jangankan membentuk Polres, membentuk kepolisian sektor saja sulit. Bahkan, untuk membentuk Polsubsektor harus izin dan ditetapkan Kementerian Pendayagunaan dan Reformasi Birokrasi.

Namun, untuk mengatasi ini, Kapolda berjanji menempatkan penghubung (Liaison Office-LO) atau Perwira Penghubung di Kantor Polres Persiapan yang sudah disiapkan Pemkab Tubaba. Yakni di Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah.

“Surat perintah LO sudah kita buat dan ini yang menghubungkan Polres Tulangbawang dengan pemerintah daerah dan stake holder di Tubaba. Khususnya menjembatani kebutuhan Kamtibmas. Sementara hanya itu yang bisa kita lakukan,” kata Kapolda. (ar)

Share :