Anak-Anak Banyak Terserang Diare

ilustrasi
Share :

ragamlampung.com — Penyakit diare mulai menyerang anak-anak di Kabupaten Lampung Utara. Hal itu terlihat banyaknya anak-anak yang dirawat di Rumah Sakit Daerah Ryacudu, Kotabumi.

Di ruang perawatan anak, Ahad (8/1/2017), ada ada empat anak terserang diare. Pihak rumah sakit memberikan pengobatan dengan mengganti cairan yang keluar dari saluran pencernaan. Jika harus memungkinkan diberikan antibiotika.

Kabag TU RS Ryacudu Kotabumi, Merdatina mengatakan, tahun 2016 jumlah penderita diare di daerah itu ada 483 orang. Rinciannya 263 Laki-laki dan 220 perempuan.

“Tahun ini data sementara ada empat orang yang dirawat. Tapi, tidak menutup kemungkinan di ruang perawatan lainnya ada pasien yang terkena diare,” katanya.

Kadiskes Lampung Utara Maya Metissa mengatakan, penyebab diare pada orang dewasa dan anak-anak umumnya karena infeksi usus. Infeksi ini bisa terjadi ketika mengkonsumsi makanan atau minuman yang kotor dan terkontaminasi.

Pencegahan diare dapat dilakukan dengan cara menerapkan pola hidup bersih dan sehat, salah satunya mencuci tangan menggunakan sabun dengan air bersih yang mengalir. Kemudian tidak membuang air besar sembarangan. (ar)

Share :