SMPN 1 Bandarlampung Pelopori Penerapan USBK

Share :

ragamlampung.com — SMPN 1 Bandarlampung melakukan inovasi terbaru saat mengadakan ujian sekolah, dnegan menerapkan Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) yang diklaim satu–satunya sekolah yang mengadakan kegiatan USBK di wilayah Bandarlampung.

“Kami memang sengaja menerapkan ujian sekolah berbasis komputer, karena setelah kami hitung-hitung banyak sekali keuntungan dari program ini selain hanya efisiensi keuangan saja,” kata Kepala SMPN 1 Bandarlampung, Haryanto, Selasa (245/4/2017).

Siswa juga dengan cara ini diajari dan ditempa menjadi pribadi mandiri dan tidak bergantung pada orang lain dengan mencontek.

“Namun, dari sekian banyak keuntungan, kami yang utama adalah menanamkan sifat kemandirian dan watak jujur. Dengan USBK ini, siswa dituntut mandiri, karena sudah pasti meski mereka masih mempunyai banyak cara untuk mencontek. Tapi, kami mengacak nomor urut soal ujian di setiap komputer siswa di kelas masing–masing,” katanya.

Ia berharap, pemerintah daerah maupun pusat mempertimbangkan agar seluruh sekolah di Bandarlampung mulai diterapkan ujian berbasis komputer.

Selain itu, pengawasan ujian di sekolah ini pun terbukti tinggi, karena disiapkan pengawas di kelas ujian, dan pihak sekolah memantau siswa yang mengikuti ujian melalui kamera pengawas dari ruang kontrol. (ar)

Share :