Pangeran Philip Pensiun dari Kegiatan Istana

Share :

ragamlampung.com — Hiruk pikuk media berita global terjadi di luar Istana Buckingham, menunggu selama beberapa jam dalam cuaca dingin, pengumuman yang banyak ditunggu akhirnya datang: Seorang pria berusia 95 tahun menyatakan pensiun.

Dia adalah Pangeran Philip, yang dikenal Duke of Edinburgh, suami gagah berani dan setia dari Ratu Elizabeth II, yang menjadi permaisuri selama 70 tahun. Dinasti ini merupakan kerajaan terpanjang dalam sejarah Inggris.

“Yang Mulia, Duke of Edinburgh memutuskan bahwa dia tidak akan lagi melakukan kegiatan publik sejak musim gugur tahun ini. Dalam mengambil keputusan ini, duke mendapat dukungan penuh dari ratu,” bunyi pernyataan singkat dari istana namun tidak disebutkan alasan pensiun pangeran tersebut, Kamis (4/5/2017).

Pihak istanan menambahkan, peran ratu tidak akan berubah, dan Pangeran Philip akan mundur dari publik, tapi dia sesekali akan menghadiri acara publik.

Spekulasi yang beredar mundurnya Pangeran Philip karena kesehatannya yang tidak mengizinkan lagi. Pangeran itu sakit selama masa liburan lalu, sementara ratu, yang berusia 91 tahun, tidak terlihat di depan umum selama hampir sebulan setelah melewatkan kebaktian gereja pada Natal dan Tahun Baru lalu.

Pangeran Philip merupakan mantan perwira angktan laut Inggris dan mendapatkan reputasi sebagai pekerja keras dan pasangan yang teguh kepada sang ratu. Kerap dia dikritik karena membuat komentar kasar.

Share :