Rusia Kirim Tiga Kapal Perang ke Latvia

kapal perang rusia
Share :

ragamlampung.com — Tiga kapal perang Rusia bersenjata berat kembali menguji NATO dengan berlayar di dekat negara Baltik kecil, Latvia. Pejabat militer di ibukota Latvia Riga mengatakan, kapal tersebut terdiri korvet 551, Serpukhov 603, dan Morshansk 824, terdeteksi hanya empat mil laut dari perairan teritorial negara bagian tersebut.

Ini yang terbaru dari serangkaian gerakan pasukan angkatan laut Vladimir Putin, yang dinilai bentuk ujian terhadap negara Baltik kecil, kata anggota NATO dan Uni Eropa, Selasa (9/5/2017).

Langkah tersebut dikaitkan dengan kedatangan kapal perang AS, USS Carney dengan rudal jelajah di kapalnya di Baltik, Minggu (7/5/2017).

Ketiga kapal Rusia tersebut telah dikirim dari St Petersburg menjelang peringatan perang tahunan negara tersebut pada 9 Mei, yang dikenal Victory Day. Tapi, kapal itu tiba-tiba ditempatkan di Baltik, menurut kantor berita Fontanko.ru.

Seorang sumber mengkonfirmasi kepada kantor berita RIA Novosti bahwa parade angkatan laut di St.Petersburg akan berlangsung sesuai rencana. Namun, lebih sedikit kapal berpartisipasi di dalamnya. Sumber tersebut membantah kepergian mendadak beberapa kapal ke Baltik ada kaitannya dengan kedatangan USS Carney.

Pada akhir April lalu, kapal selam Rusia juga terdeteksi di dekat perairan teritorial Latvia. Tahun 2016, pesawat militer dan kapal angkatan laut Rusia terlihat di sekitar perbatasan Latvia sebanyak 209 kali. (ar)

Share :