Arab Saudi Umumkan Putra Mahkota Baru

Mohammed bin Salman
Share :

ragamlampung.com — Wakil Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman dipromosikan menjadi putra mahkota, menggantikan sepupunya. Penunjukan itu diumumkan mendadak dan berarti menegaskan putra raja Salman berusia 31 tahun ini sebagai penguasa kerajaan berikutnya.

Pangeran mahkota Saudi Mohammed bin Nayef telah dibebaskan dari jabatannya dan digantikan Mohammed bin Salman, yang menjadi wakil perdana menteri dan jabatan strategis lainnya.

Dilansir dari kantor berita Arab Saudi, SPA, Kamis (22/6/20187), meskipun promosi Mohammed bin Salman ini sudah diprediksi kalangan dekat istana, tapi pengumuman yang mendadak telah mengejutkan banyak pihak. Apalagi dalam situasi ketegangan yang meningkat dengan Qatar dan Iran. Ditambah lagi perang di Yaman.

Pangeran Mohammed bin Nayef selama bertahun-tahun menjadi kepala anti-terorisme kerajaan yang memberantas sebuah serangan bom Al Qaeda tahun 2003-2006. Kini ia dibebaskan dari semua jabatannya.

Raja Salman (81), naik tahta pada Januari 2015 setelah meninggalnya saudara tirinya Abdullah bin Abdul Aziz. Raja-raja Arab Saudi biasanya mulai memerintah di usia 70 tahun atau 80 tahun. (ar)

Share :