Empat Wilayah di Gorontalo Diguncang Gempa 6 SR

gempa bumi-ilustrasi
Share :

ragamlampung.com — Gempa bumi selama tujuh detik berkekuatan 6,0 Skala Richter (SR) mengguncang empat wilayah Boalemo, Gorontalo, Sabtu (15/7) malam pukul 19.12 WIB.

Warga panik dan berhamburan keluar rumah, karena gempa terasa sangat kuat hingga menyebabkan bangunan terguncang. Hingga kini belum ada laporan kerusakan atau korban dalam kejadian itu.

Pusat gempa di 40 Km dengan kedalaman 100 km pada 40 km barat daya Boalemo atau 49 km tenggara Pahuwoto, Provinsi Gorontalo.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa tak berpotensi tsunami. “Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Kabid Informasi Gempa bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (15/7/2017).

Ia menjelaskan, gempa itu jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas Laut Sulawesi. Hingga pukul 19.30 WIB belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Sejumlah warga mengatakan, bangunan dan benda maupun peralatan di rumah berguncang saking kuatnya gempa tersebut. Mereka berhamburan keluar rumah karena khawatir bangunan ambruk. Kejadian hanya beberapa saat dan tidak sampai menimbulkan dampak lanjutan. (ar)

Share :