Gawi Agung Bejuluk Beadek Meriahkan HUT Lampung Tengah

bupati lampung tengah mustafa
Share :

ragamlampung.com — Sekitar 20 ribuan warga diperkirakan meramaikan acara Gawi Agung Bejuluk Beadek yang digelar memeriahkan HUT Lampung Tengah ke-71, Rabu (19/7). Acara itu menghadirkan tokoh-tokoh adat Lampung Tengah, juga menghadirkan tokoh-tokoh adat dari semua kesuttanan atau kerajaan di Lampung.

Gawi Agung dipusatkan di Gedung Sesat Nuwo Balak. “Kami targetkan bisa dihadiri sekitar 20 ribuan orang. Insya Allah acara berlangsung meriah. Semua kepala kampung, lurah, pejabat, dan
tokoh masyarakat akan menerima gelar adat. Di sini kita akan angkat budaya dan adat istiadat Lampung Pepadun Lampung Tengah,” kata Bupati Lampung Tengah Mustafa, Senin (17/7/2017).

Bupati juga mengundang seluruh bupati/wali kota seprovinsi Lampung dan seluruh raja-raja dari kerajaan di Provinsi Lampung, seperti kerajaan dari sekala bekhak, melinting, Raden Intan, dan
kesuttanan lainnya yang ada di Lampung.

“Panitia yang terlibat ada ribuan orang. Tentunya ini bukan hal yang mudah. Kami terus berikan
semangat. Saya juga ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pihak-pihak yang telah bekerja keras untuk > menyukseskan acara ini,” katanya.

Kepala Dinas > Pariwisata Lampung Tengah Mardiana mengatakan, sampai kini persiapan Gawi Agung Bejuluk Beadek sudah 90 persen. Ada sekitar 7 ribuan orang dari berbagai elemen yang terlibat dalam kepanitiaan acara tersebut.

“Insya Allah semua sudah siap, tinggal pelaksanaan. Rencananya dipusatkan di tiga tempat
yakni Lapangan Merdeka Gunungsugih, Gedung Sesat Nuwo Balak dan salah satu villa milik warga di Gunungsugih,” katanya.

Dia menambahkan ada banyak rangkaian acara yang akan digelar dalam Gawi Agung Bejuluk Beadek, termasuk menampilkan kesenian dan tarian-tarian khas Lampung. Tokoh-tokoh adat dari 9 kebuayan juga akan hadir, yakni Kebuayan Nunyai, Unyie, Subing, Nuban, Beliuk, Selagai, Anak Tuha, Nyerupo dan Pubian.

“Kami lakukan yang terbaik. Mudah-mudahan acara bisa berlangsung sukses. Dan apa yang menjadi target acara ini, yakni melestarikan dan mengenalkan kebudayaan Lampung Tengah dapat terwujud. Insya Allah even ini akan menjadi even tahunan,” katanya. (rls/ar)

Share :