Pemkab Tulangbawang Barat Sediakan Beasiswa DIII Unila

universitas lampung (unila)
Share :

ragamlampung.com — Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat menggulirkan kembali untuk ketiga kalinya program beasiswa Diploma III (DIII) Perkebunan Fakultas Pertanian Universitas Lampung (Unila).

Dinas Pendidikan (Disdik) setempat bersama Unila sedang melakukan tahapan penerimaan para peserta lulusan dari berbagai sekolah di daerah itu.

Sekretaris Disdik Dalhami mengatakan, Minggu (23/7/2017), program beasiswa dimulai sejak tahun 2015. Saat itu ada 35 mahasiswa yang diterima dan 1 orang mengundurkan diri, sementara di tahun 2016 sebanyak 40 orang.

Yang diterima tahun 2015 saat masih semester 5 dan tahun depan selesai. Sedangkan tahun 2016 sudah masuk semester 3. Untuk tahun ini tetap satu kelas yang diterima, berkisar 35-40 orang.

Tahapan penerimaan peserta tidak ada perubahan dari tahun sebelumnya, dimulai dari pendaftaran sejak 3-22 Juli lalu.

“Pendaftar sementara mencapai 50 orang. Tapi, kita masih akan berkoordinasi dengan pihak Unila, apakah ada perpanjangan waktu pendaftaran atau tidak,” katanya.

Tahapan selanjutnya seleksi yang dilakukan melalui beberapa ujian antara lain seleksi berkas, tes tertulis dan wawancara, dan tes kesehatan. “Jadwal tes belum ada kepastian, masih koordinasi dengan pihak Unila, karena mereka yang akan melaksanakannya,” katanya.

Pemerintah menanggung biaya kuliah (uang semester), biaya praktik, dan biaya pemondokan. Anggaran disediakan tiap tahun sekitar Rp1 miliar. Tahun ini kemungkinan anggarannya meningkat, karena ada penambahan mahasiswa baru. (ar)

Share :