Lampung, Paling Banyak Diadukan Terjadi Pungli

ilustrasi
Share :

ragamlampung.com — Lampung menjadi salah satu daerah yang paling banyak diadukan banyak masalah berupa pungutan liar (pungli). Laporan itu disampaikan kepada Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan, sejak dibentuk pada 20 Oktober 2016 hingga 19 Juli 2017, satgas menerima sebanyak 31.110 pengaduan.

“Daerah yang paling banyak mengadukan adalah Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Jawa Timur, Banten, dan Lampung,” kata Wiranto, dalam pertemuan dengan pemimpin redaksi tentang tugas Satgas Saber Pungli, di Jakarta, Selasa (1/8/2017).

Wiranto mengatakan, dari seluruh aduan itu juga ada sepuluh instansi pemerintah palilng banyak diadukan, yakni Kemendikbud, Polri, Kemenhub, Kemenkes, Kemenkumham, Kemendagri, Kemenag, Kementerian Agraria, Kementerian Keuangan dan TNI.

Sedangkan masalah yang dilaporkan terkait sektor pelayanan masyarakat sebanyak 36 persen, hukum (26 persen), pendidikan (18 persen), perizinan (12 persen), dan kepegawaian (8 persen). (ar)

 

Share :