Tiga Pabrik BUMN Direlokasi ke Lampung

Share :

ragamlampung.com – Pemerintah berniat memindahkan sejumlah pabrik BUMN yang memproduksi perlengkapan keamanan negara. PT Pindad dan PT Dirgantara Indonesia (DI) yang kini di Bandung, serta PT PAL (Surabaya), dipindahkan ke Lampung.

“PT DI, PAL, Pindad nanti pindah dari situ (Bandung dan Surabaya). Setelah ini saya mau ke Lampung untuk melihat,” kata Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, di Jakarta, Rabu (23/8/2017).

Pemindahan itu karena lokasi saat ini tidak memadai lagi, sementara produksi membutuhkan tempat yang lebih luas, memadai serta strategis untuk memudahkan produksi dan operasional eksportir.

“Industri seperti PT Pindad di Bandung, kan tempatnya kecil. Jadi, perlu direlokasi ke lokasi yang dekat dengan pelabuhan, bandara, dan lainnya,” kata Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, saat peluncuran dan bedah buku KKIP, di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu (23/8).

Ryamizard mengatakan, pemerintah sedang mencari lahan di Lampung seluas 10 ribu hektare untuk tiga BUMN tersebut. Rencana relokasi ketiga pabrik itu memakan waktu 2 sampai 3 tahun dan dibiayai anggaran negara. (ar)

Share :