Tahun Depan, Lampung Bentuk Korporasi Tani

ilustrasi
Share :

ragamlampung.com — Provinsi Lampung direncanakan tahun depan menjadi daerah percontohan pembentukan korporasi tani. Program ini kerja sama Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Salah satu kabupaten layak dibentuk korporasi tani karena memiliki komoditas unggulan dan paling siap jadi percontohan adalah Lampung Timur. Di daerah ini ada komoditas unggulan antara lain udang, jagung, dan singkong.

Pemerintah merencanakan membentuk korporasi tani di 9 lokasi lainnya di Indonesia, antara lain di Pandeglang, Karawang, Sukabumi, Halmahera Barat, Minahasa, dan Sigli.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Tranmsigrasi Eko Putro Sandjojo, menjelaskan, kemarin (24/10/2017), untuk membentuk korporasi tani, pemda diminta menentukan jenis komoditas unggulan yang akan dikembangkan.

Pemerintah pusat berperan memberi insentif dalam bentuk bibit, pupuk, dan infrastruktur dasar. Juga mencarikan mitra usaha untuk berkolaborasi dengan Badan Usaha Milik Desa agar pengembangan korporasi tani berjalan lancar.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, 10 lokasi itu terletak di lumbung pangan nasional. (ar)

Share :