Yulianto : Reses Awal Perencanaan RAPBD

Share :

ragamlampung.com – Pelaksanaan Reses bagi DPRD sangatlah penting karena itu RAPBD merupakan salah satu awal perencanaan.

Yuliyanto, SE., Sekretaris Komisi II DPRD kota Metro, Politisi dari PKS, Rabu (21/02/2018) mengatakan bahwa RAPBD itu diawali perencanaan
yang pertama memasukkan Visi misi Walikota terpilih tentang janji kampanye, program Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan terjemahan dari visi misi Walikota.

“Musrenbang dimulai dari tingkat Kelurahan, Kecamatan dan tingkat Kota serta yang keempat adalah hasil dari reses DPRD,” katanya.

Ditambahkannya, untuk reses ini dilaksanakan sampai tiga kali dalam satu Tahun Anggaran dengan menghadirkan perwakilan masyarakat dari masing-masing Kelurahan dan perangkat Pemerintahan dari tingkat Rt sampai tingkat Kecamatan. Tujuannya untuk membahas apa yang akan dijadikan skala prioritas dari setiap wilayah.

“Reses yang dilakukan di tahun ini adalah untuk perencanaan pembangunan di tahun mendatang, tentunya reses ini sangat penting untuk menjaring usulan dan masukan masyarakat yang selanjutnya akan di tindaklanjuti sebagai awal perencanaan RAPBD Anggaran Tahun 2019,” kata Yulianto di kediamannya.

“Masukan masyarakat yang kita terima banyak sekali, tentunya akan kita pilah dan pilih mana yang benar-benar akan menjadi skala prioritas, selanjutnya kita akan masukan dalam murenbang tingkat Kota yang pada akhirnya tertuang dalam RAPBD dan pembahasan menuju APBD akan kita kawal sampai terlaksananya apa yang menjadi aspirasi masyarakat tersebut,” ungkapnya. (ema)

Share :