Dana Desa Pembangunan Fisik Infrastruktur Desa Tulung Balak Terserap Maksimal

Share :

ragamlampung.com,Lampung Timur – Kucuran Dana Desa (DD) Pembangunan fisik infrastruktur yang ada di Desa Tulung Balak dengan jumlah total dana Anggaran sebesar Rp. 894.083.000.

“Pelaksanaan pembangunan di Desa Tulung Balak, Kecamatan Batang Hari Nuban adalah Pembuatan Gorong-gorong yang terletak di Dusun 1, 2, 3 dan 4 serta Pembuatan Drainase di Dusun 1, 2, 3 dan 4 dengan panjang 1690 m dan 490 m. Untuk pemberdayan puskesdes sebagai koordinator dana desa (DD) untuk membuat Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) adalah Sekertaris Desa Rahamat,” Kata Kepala Desa Ruling Balak, Nuel.

Dalam melaksanakan kegiatan pembangunan yang ada di desa tersebut, lanjut Nuel, tim pelaksanaan kegiatan (TPK) adalah Suparmin. Untuk membuat gorong-gorong, semua tenaga kerja tukang yang mengerjakan bangunan tersebut diatas, adalah masyarakat desa setempat.

Dana Desa Tulung Balak untuk pembangunan insfastruktur terserap maksimal. Foto imron/ragamlampung.com

Pelaksanaannya selalu didampingi oleh pendamping lokal desa (PLD) yang selalu turun langsung ke desa untuk mengawasi program kegiatan pembangunan Dana Desa (DD) tersebut sehingga dapat dikerjakan hingga selesai dengan baik.

Kades juga menegaskan kepada Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) supaya bekerja sesuai dengan aturan UU dan rencana RAB, serta gambar yang sudah dibuat oleh desa.

“Sehingga mutu dan kualitas bangunannya jadi baik. Dan juga semua bangunan yang dibuat oleh masyarakat desa, yang menggunakan anggaran DD. Dengan pencairan tahap satu dan dua sebesar 60% tersebut sudah sesuai tim monitoring yang dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, dari dinas PU, dan tim tenaga ahli (TA) dari Kabupaten Lampung Timur.

“Sekarang ini kami sudah mengerjakan pekerjaan dana desa tahun 2019,” jelas Nuel.

“Untuk pencairan tahap ke dua 20 % pelaksanaan fisik sudah selesai semuanya. Bentuk pekerjaan fisik di antaranya pembuatan. Sumur bor nya sudah selesai 100 persen,” imbuhnya.

“Jadi kami hanya tinggal tunggu jadwal monitoring tahap kedua dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan Dinas pekerjaan Umum (PU) dan tenaga Ahli (TA) dari Kabupaten Lampung Timur. Setelah tim dari kabupaten turun memeriksa baik administrasi dan fisiknya mudah-mudahan kami bisa dapatkan kembali penghargaan yang terbaik seperti dalam menggunakan Dana Desa 2019 dari Kemendes tingkat Nasional. Tentu ini membawa nama baik Lampung Timur,” pungkasnya.(imron)

Share :