Lima Wilayah di Tulang Bawang Rawan Bencana

Share :

ragamlampung.com – Bupati Tulangbawang Winarti menyebut lima dari 15 kecamatan di wilayahnya rawan bencana alam.

Menurutnya bencana yang kerap melanda lima kecamatan tersebut yakni banjir dan angin puting beliung.

“Beberapa kecamatan rawan bencana alam yakni di Menggala, Rawapitu, Gedungmeneng, Denteteladas, dan Gedungaji,” kata Winarti saat memimpin apel gelar pasukan siaga bencana di Mapolres Tulangbawang, Rabu (8/1/2019).

Winarti menjelaskan beberapa kecamatan di wilayahnya kerap dilanda banjir lantaran dilintasi aliran sungai Way Tulangbawang. Ketika musim penghujan tiba air dari aliran sungai tersebut kerap meluap dan merendam pemukiman warga.

“Luapan air dari sungai Way Rarem biasanya Tulangbawang pasti kena dampaknya seperti tahun kemarin,” katanya.

Dia mengaku telah mengantipasi terjadinya gagal panen akibat banjir yang merendam areal persawahan di Kecamatan Rawapitu.

“Melalui Dinas PU, kita meninggikan tanggul untuk menghalau air agar tidak masuk dan merendam areal persawahan warga. Mudah-mudahan banjirnya enggak sampai merusak daripada tanaman padi seperti tahun kemarin kalau dilihat sampai bulan Januari ini sepertinya masih aman,” ujar Winarti.

Winarti menghimbau, agar masyarakat terutama yang bermukim di dekat aliran sungai mewaspadai terjadinya luapan air ketika hujan tiba.

Pasukan gabungan terdiri dari aparat Kepolisian Resor Tulangbawang, TNI AD Kodim 0426 Tulangbawang, Pangkalan TNI AU Pangeran M Bunyamin, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, pemadam kebakaran, dan BPBD.(san/dr)

Share :