Ekonomi Kreatif Sediakan 12 Juta Lapangan Kerja

ilustrasi
Share :
ilustrasi
ilustrasi

ragamlampung.com — Pengangguran masih menjadi masalah yang besar di Indonesia. Akibat besarnya angka pengangguran, maka ‎berdampak pada kemiskinan dan kriminalitas yang terus meningkat.

Namun, ‎ekonomi kreatif bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah pengangguran ini. Ini dengan melihat jika ekonomi kreatif memiliki potensi untuk membuka 12 juta lapangan kerja di Indonesia.

“Per hari ini, ekonomi kita meski mampu tumbuh, tapi masih menyisakan permasalahan, yaitu soal penyerapan lapangan kerja. Dan ekonomi kreatif ini punya potensi untuk serap 12 juta lapangan kerja,” ujar Wakil Ketua Umum Kadin Bidang UMKM, Koperasi dan Industri Kreatif Sandiaga Uno dalam diskusi “The Role of Yount in Creative Industries” di Jakarta, Jumat (9/9/2016).

Saat ini ekonomi kreatif mampu tumbuh dengan baik di Indonesia. Hal ini terlihat dari sumbangan ekonomi kreatif kepada total produk domestik bruto (PDB) Indonesia ‎pada 2015 mencapai Rp 642 triliun atau sekitar 7,05 persen.

“Ini pada 2025 nanti diharapkan porsinya meningkat, bisa sekitar 12 persen-15 persen dari GDP,” kata dia.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia juga akan didorong oleh perubahan pola pikir generasi muda Indonesia yang mulai berorientasi untuk menjadi pengusaha pemula ketimbang bekerja di sebuah perusahaan.

Maka, menurut dia, jika ekonomi kreatif ini bisa berkembang dengan baik, ke depannya Indonesia tidak lagi memiliki masalah dengan pengangguran. (ar)

Share :