Warga Desa Peroleh Bantuan Bibit Nangka

ilustrasi
Share :
ilustrasi
ilustrasi

ragamlampung.com — Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Tulangbawang Barat, menyerahkan sebanyak 700 bibit pohon nangka. Bantuan diserahkan Wakil Bupati Fauzi Hasan kepada masyarakat Tiyuh (Desa) Candra Jaya, Tuba Tengah, Minggu (23/10/2016).

Bibit pohon nangka yang diserahkan ini dibagikan untuk ditanam di pekarangan rumah warga. Wakil bupati berharap pemberian bibit ini dapat mengoptimalkan pekarangan rumah.

“Selain bisa untuk sayur, nangka bernilai ekonomis tinggi apalagi mengingat jatuhnya harga singkong, karet, dan sawit saat ini. Nangka bisa jadi pilihan membantu menunjang perekonomian warga, apalagi dalam kurun minimal dua sampai tiga tahun yang sudah berbuah,” katanya.

Fauzi mengatakan, pemberian bibit itu juga bagian program satu tiyuh satu varietas (produk). “Kita akan memprogramkan agar Tiyuh Candra Jaya jadi tiyuh nangka. Apalagi halaman warga di sini masih sangat luas. Ini menguntungkan untuk bertanam buah. Mudah-mudahan warga bisa menjaga tanaman ini hingga berbuah,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan setempat, Syamsul Komar menambahkan, bibit nangka ini merupakan bibit unggul bersertifikat yang didatangkan dari Majalengka, Jawa Barat.

Sebenarnya warga Tiyuh Candra Jaya mengusulkan sebanyak 2.000 pohon, namun karena stok terbatas hanya bisa memberikan bibit sebanyak 700 batang. “Kalau perawatan baik kami akan berupaya menambah bibit nangka ini,” ujarnya. (ar)

Share :