Banjir Surut, Warga Perbaiki Fasilitas Umum dari Dana Desa

ilustrasi
Share :

ragamlampung.com — Warga di sejumlah desa di Kabupaten Mesuji yang mengalami banjir beberapa pekan lalu, kini mulai berbenah. Mereka memperbaiki sejumlah fasilitas yang rusak akibat banjir tersebut, tapi dana yang digunakan berasal dari dana pemerintaha desa.

Seperti di Desa Sidang Muara Jaya, Kecamatan Rawa Jitu Utara, yang mulai membangun sarana air untuk kebutuhan masyarakatnya. Pembangunan itu dibiayai dari Dana Desa.

Banjir pekan lalu menimbulkan kelumpuhan total, bahkan akses jalan nyaris tak dapat dilewati. Tapi, masyarakat kini bersama sama membersihkan beberapa fasilitas umum seperti masjid, puskesmas, dan sekolah.

“Kami berupaya mencegah banjir terulang seperti pekan lalu. Warga juga telah membangun tiga titik sumur bor untuk kebutuhan masyarakat, meski belum maksimal seluruhnya. Diharapkan dengan cara ini dapat membantu meringankan beban masyarakat,” kata Kepala Desa Sidang Gunung Tiga, Benuang Ali Topan, Rabu (4/1/2017).

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Sosial Mesuji, Jaya minta warga di beberapa desa mewaspadai banjir karena berada di wilayah rawan bencana.

“Saat ini musim penghujan dengan intensitas tinggi, masyarakat diimbau berhati-hati, selalu siaga,” katanya. (ar)

Share :