Tahun 2018, Jalan Tol Sumatra Diresmikan

ruas jalan tol di lampung.
Share :

ragamlampung.com — Presiden Joko Widodo menjanjikan sejumlah ruas Jalan Tol Trans Sumatra diresmikan tahun 2018. Atau, tiap bulan akan ada peresmian jalan tol. Target tersebut berlaku untuk jalan tol di dalam dan luar Pulau Jawa.

“Untuk luar Pulau, saya kira sudah dimulai semuanya, termasuk Tol Trans Sumatera, sudah dimulai semuanya. Mungkin tahun depan ada beberapa ruas diresmikan. Yang di Lampung, Sumatera Utara, Palembang. Saya kira ngejarnya bukan hanya yang di Jawa, tapi di luar Jawa,” kata Jokowi, saat meresmikan Jalan Tol Surabaya Mojokerto seksi 1B, II dan III di pintu Tol Waru Gunung Surabaya, Selasa (19/12/2017).

Ia mengatakan, pemerintah terus mengejar penyediaan infrastruktur karena menyangkut daya saing produk dan daya saing Indonesia dengan negara lain.

“Kalau stok infrastruktur kita masih rendah kemudian stok infrastruktur negara lain lebih tinggi, artinya kita kalah bersaing, dan artinya produk kita pasti lebih mahal,” ujar dia.

Presiden menambahkan, pembangunan proyek jalan tol yang terus dikejar saat ini dari Merak sampai Banyuwangi sepanjang 1.167 km, dan ruas tol lain di luar Jawa.

Proyek lainnya adalah Manado-Bitung, kemudian Balikpapan-Samarinda, masih dalam proses konstruksi. Keduanya ditargetkan rampung semuanya tahun 2019. (ar)

Share :