Bank Lampung Ikut Danai Pembangunan Jalan Tol

ilustrasi
Share :

jalan-tol-soreang-pasirkoja
ragamlampung.com — Bank Lampung ikut mendanai pembangunan ruas tol Soreang – Pasirkoja sepanjang 10,57 km. Namun, pendanaan dari bank daerah ini bersama beberapa perbankan syariah dan bank daerah lainnya dikucurkan pada tahap kedua sisa pendanaan proyek itu sebesar Rp240 miliar. Pencairan diperkirakan diselesaikan satu hingga dua bulan mendatanga.

PT Citra Marga Lintas Jabar selaku investor dan operator ruas tol Soreang – Pasirkoja sepanjang 10,57 km sebelumnya resmi menandatangani finansial closing dengan perbankan untuk mendanai proyek senilai Rp1,51 triliun itu.

Direktur Utama PT CLMJ Bagus Medi Suarso mengatakan, bank yang sudah siap menyalurkan dananya dengan nilai Rp834 miliar, adalah Bank Jateng Syariah dan Bank Muamalat sebagai pemimpin sindikasi, Bank DIY Syariah, Bank Kalsel Syariah, dan Bank Sulselbar Syariah.

“Tahap pertama senilai Rp594 miliar dikucurkan kelima bank tersebut. Tahap kedua untuk melengkapi pendanaan dikucurkan Bank Lampung, Bank Sumsel Babel, Jambi, serta satu bank daerah,” kata dia, Jumat (23/9/2016).

Bagus mengatakan, proyek yang telah diteken kontraknya sejak September tahun lalu, telah dilakukan pendanaan konstruksinya melalui mekanisme contractor pre finance (CPF). Lewat mekanisme tersebut, perseroan mengucurkan ekuitas sebesar 40 persen dari nilai investasi untuk mendanai proyek tersebut pada tahap awal.

“Jadi, kalau sudah ada tanda tangan ini dengan perbankan, bisa digunakan untuk refinancing ekuitas yang sudah kami keluarkan,” ujarnya. (ar)

Share :