Pangkoopsau I Resmikan Lanud Pangeran M Bunyamin Di Menggala

Share :
_dsc0948
Penandatanganan prasasti peresmian Lanud Pangeran M Bunyamin oleh Pangkoopsau I

ragamlampung.com- Panglima Komando Operasi Angkatan Udara (Pangkoopsau) I, Marsekal Muda TNI Yuyu Sutisna, SE, MM, memimpin langsung upacara peresmian Lanud Pangeran M Bunyamin di Menggala, Kabupaten Tulang Bawang, Rabu (09/11/2016).

Pangkoopsau 1 wilayah Sumbagsel hadir sekitar pukul 08.00 WIB dilanjutkan dengan upacara peresmian Lanud Pangeran M Bunyamin  yang sebelumnya Astra Ksetra  berlangsung di Lapangan upacara Lanud Pangeran M Bunyamin, Menggala, Tulang Bawang, Lampung.

Panglima Komando Operasi Angkatan Udara (Pangkoopsau) I, Marsekal Muda TNI. Yuyu Sutisna, SE, MM mengatakan, mulai dari diresmikan saat ini. Hingga selanjutnya kedepan, Landasan pacu udara yang ada dan berukuran hampir sekitar 2 KM Lanud Pangeran M. Bunyamin dinyatakan dibuka seluas luasnya untuk masyarakat Lampung.

“Kita buka untuk masyarakat Lampung maksudnya adalah untuk akses nya saja, karena kami mempersilahkan pada pihak berwenang dalam hal ini Pemda dan Pemprov untuk membuka penerbangan komersil karna kami sifatnya cukup terbuka bila pemerintah setempat bersedia,”Kata Pangkoopsau 1 sumatra dan jawa tersebut.

Menurutnya, pernyataan tersebut didasari oleh beberapa pertimbangan oleh pihak Mabes-AU yang dalam waktu dekat belum memiliki rencana penambahan fasilitas penerbangan di Lampung, namun demikian untuk mempermudah dan meningkatkan akses ekonomi masyarakat lampung dirinya mempersilahkan bila Pemprov dan Pemda memiliki rencana untuk membuka rute komersial.

“Ya kita mengikuti saja, karena pangkalan udara di Lampung ini adalah salah satu komando penyangga milik TNI AU yang ada di Indonesia, sehingga jika dibutuhkan masyarakat untuk penerbangan komersil ya silahkan saja saya rasa itu lebih baik untuk meningkatkan ekonomi masyarakat tentunya setelah berkoordinasi dengan Mabes AU,”Kata dia.

Penetapan Nama Pangkalan Udara (Lanud) Pangeran M Bunyamin di Lampung ini termasuk dalam jejeran kelima dari 7 Lanud yang Ada di indonesia yang baru ataupun berganti nama sehingga setelah menjalani pertimbangan panjang akhirnya pihak Mabes AU menetapkan masing-masing nama pangkalan udara tersebut.

“Dari 7 Pangkalan Udara yang ada dan diresmikan, hanya 3 Provinsi yang memakai nama Putra dan pahlawan daerah masing-masing yakni, palembang, singkawang dan Lampung,”Terangnya.

Diketahui, keputusan pergantian nama ini sebelumnya telah tertuang resmi dalam surat berkop keputusan Kepala Staf Angkatan Udara nomor Kep/678/X/2016 tentang perubahan nama Pangkalan TNI Angkatan Udara Astra Ksetra menjadi Lanud Pangeran M. Bunyamin. Surat keputusan ini sendiri ditandatangani oleh Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI. Agus Supriatna tertanggal 21 Oktober 2016. (F/Y)

Share :