Lampung Perlu Terobosan Baru Sistem Irigasi

Share :

wagub-diskusi-irigasi

ragamlampung.com — Provinsi Lampung perlu melakukan terobosan teknologi baru dalam mengembangkan sistem irigasi di sektor pertanian.

Wakil Gubernur Bachtiar Basri, mengatakan,pembangunan perekomonian di Provinsi Lampung masih didominasi oleh sektor pertanian. Hal ini terbukti dari tercatatnya produksi padi di Lampung yang terbesar nomor 2 di Sumatera dan terbesar ke-7 nasional.

Namun, di wilayah Lampung masih terdapat wilayah tertentu yang sulit untuk memperoleh air, terutama di wilayah-wilayah pertanian tadah hujan sehingga para petani di daerah tersebut hasil pertaniannya kurang maksimal.

Untuk itu, wagub berharap pada tahun mendatang, sistem pertanian dapat menerapkan Pompa Air Tanpa Motor (PATM) sebagai salah satu upaya untuk mengairi wilayah pertanian guna memperoleh hasil yang maksimal serta meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Lampung membutuhkan terobosan baru. Diharapkan kedepan Lampung dapat menerapkan PATM di tahun 2017 dengan persetujuan Gubernur Lampung. Terutama PATM juga dapat berguna untuk menjaga kestabilan air, sehingga tidak ada air yang terbuang percuma. Sebelumnya PATM ini sudah diterapkan di wilayah Garut dan Gunung Kidul”, ujarnya, Senin (14/11/2016).

Bachtiar Basri menjelaskan, PATM ini juga berguna sebagai pembangkit listrik dimana wilayah Lampung yang masih kekurangan listrik dapat diterapkan PATM tersebut dan dapat menjadi salah satu alternatif energi terbarukan. (ar)

Share :