1.500 Peserta Ikuti Apel Nusantara Bersatu di Mesuji

Share :

ragamlampung.com — Apel Nusantara Bersatu digelar secara serentak di seluruh provinsi, kabupaten, dan kota se-Indonesia.

Apel Nusantara Bersatu untuk wilayah Kabupaten Mesuji dan Tulangbawang dipusatkan di Lapangan Nusa Indah, Desa Brabasan, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Mesuji, Rabu (30/11/2016).

Apel yang diinisasi Kodim 0426/Tulangbawang ini bertujuan memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Dihadiri sekitar 1.500 peserta dari berbagai kalangan dan lintas instansi dengan memakai atribut ikat merah putih di kepala.

Peserta yang terlibat dalam apel tersebut di antaranya jajaran Forkopimda Mesuji dan Tulangbawang, tokoh agama, tokoh masyarakat, Pegawai Negeri Sipil, TNI, Polri, Satpol PP, Linmas, ormas, pelajar, dan elemen masyarakat lainnya.

Dalam Apel Nusantara Bersatu yang mengambil tema “Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia Kita Bersama, Bhinneka Tunggal Ika” ini, diisi dengan pembacaan puisi, orasi dari perwakilan pelajar dan tokoh masyarakat mendukung Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan pertunjukan kesenian kuda lumping, serta doa lintas agama.

Pelaksana Tugas Bupati Mesuji, Tias Nuziar juga menyampaikan orasinya di depan peserta apel.

Dikatakannya, bangsa Indonesia adalah bangsa besar dengan masyarakat yang majemuk dari berbagai latar belakang suku, agama, ras, dan lain-lain. Namun, memiliki dengan tekad dan tujuan yang sama dalam sebuah bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menanggapi beredarnya isu-isu provokatif dan fitnah yang berpotensi memecah belah bangsa akhir-akhir ini, Tias meminta agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpancing.

“Untuk itu, saya mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan yang telah kita bangun, serta saling menghormati dan menghargai perbedaan. Mari kita teguhkan niat dan tujuan kita sebagai sebuah bangsa yang majemuk, serta bersama-sama dengan tegas berani untuk berikrar bahwa NKRI adalah harga mati,” ujarnya. (ar)

Share :