Anggaran Turun Rp200 Miliar, DBM Tetap Optimistis Jalan Bakal Mantap

Share :

ragamlampung.com — Meski anggaran berkurang, Dinas Bina Marga (DBM) Provinsi Lampung tetap optimistis, target jalan mantap 85 persen yang dicanangkan Gubernur Lampung akan tercapai.

Kepala DBM Lampung Budi Darmawan mengatakan, pada APBD tahun 2017 terjadi penurunan anggaran sebesar Rp200 miliar untuk pembangunan infrastruktur. “Tapi, kami optimistis target jalan mantap sebesar 85 persen 2019, masih dapat dicapai,” katanya, Selasa (6/12/2016).

Budi beralasan dengan kondisi jalan mantap sebesar 70 persen pada akhir 2016, selisih 15 persen dapat dikebut dalam tiga tahun mendatang. Dengan realisasi jalan mantap sebanyak lima persen, per tahunnya, maka kondisi jalan mantap 85 persen di penghujung 2019 dapat terwujud.

“Insy Allah, kami rasa target itu masih dapat direalisasikan dengan pembangunan jalan mantap sebanyak lima persen per tahun,” tegasnya.

Menurutnya, penurunan angggaran pembangunan infrastrukturdari sekitar Rp800 miliar pada 2016 menjadi Rp657 miliar pada 2017 dipicu oleh perlambatan ekonomi secara nasional. Meresponnya, Pemerintah Provinsi Lampung harus melakukan penyesuaian penyusunanan anggaran belanja.

Mengingat, sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD) Lampung diperkirakan juga akan mengalami penurunan. Sebagai tindak lanjutnya, Pemprov Lampung juga melakukan efisiensi belanja pegawai dan lebih memfokuskan belanja di sektor modal.

“Target pembangunan 85 persen jalan mantap masih relevan untuk dicapai oleh Pemprov Lampung pada 2019,” katanya. (jay)

Share :