Saluran Air Perusahaan Meluap, Ratusan Hektare Sawah Terendam Banjir

ratusan hektare sawah di desa sumber makmur sp12, kecamatan mesuji timur, kabupaten mesuji, terendam banjir, selasa (20/12/2016)
Share :

ragamlampung.com — Ratusan hektare sawah di Desa Sumber Makmur SP12, Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji, terendam banjir setinggi hingga 1 meter. Penyebabnya, meluapnya saluran air dari perusahaan kelapa sawit PT Tunas Baru Lampung (TBLA).

Keterangan dari petani setempat, Selasa (20/12/2016), akibat kejadian itu tanaman padi bakal puso, dan petani gagal panen. Kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Kepala Desa Sumber Makmur SP12, Dwi mengatakan, pipa polimer dan sekunder milik PT. TBLA di beberapa titik tersumbat, sehingga menyebabkan air meluap dan akhirnya merendam sawah milik warga.

“Kami mohon Pemerintah Kabupaten Mesuji segera mencari solusi. Jaringan pipa perusahaan itu juga diharapkan segera diperbaiki agar tidak terjadi masalah lebih besar,” katanya.

Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak perusahaan, dan menyatakan bersedia mencarikan jalan keluarnya. “Perusahaan masih menunggu pengajuan dari kami. Sikap ini diharapkan dapat menemukan jalan terbaik atas masalah yang dihadapi petani,” katanya.

Share :