Tanaman Padi Mulai Berbuah, Petani Makin Cemas

Share :

ragamlampung.com — Petani di Desa Daya Murni dan Margodadi, Kecamatan Tumijajar, Tulangbawang Barat, harus mewaspadai hama tikus yang mulai menyerang tanaman padi. Tikus menyerang tanaman yang mulai berbuah.

Akmal, salah satu petani setempat, mengatakan, Selasa (24/1/2017), lahan sawahnya seluas 1 hektare dipastikan setengahnya tak bisa diharap alias gagal panen. “Padi yang mulai berbuah diserang tikus, kurang dari sepekan hampir sebagian tanaman rusak,” katanya.

Ia sudah mencoba berbagai upaya memberantasnya, namun tak ada pengaruhnya. Jjumlah tikus tak berkurang, malah terus bertambah.

Sahmin, petani di Desa Margodadi menambahkan, saat ini memang waktu hama tikus menyerang tanaman. Jika hanya mengandalkan cara petani, jelas mereka tak akan mampu mengatasinya.

Para petani berharap sebelum hama tikus mewabah, pemerintah dan dinas diminta segera turun tangan mengadakan langkah antisipasi.

“Jangan sampai hama tikus ini mewabah dan merusak padi seperti tahun lalu, menghabiskan seperempat luas tanaman di tempat kami,” katanya. (ar)

Share :