Umar-Fauzi Raih Suara Tertinggi Pilkada Serentak di Indonesia

bupati dan wakil bupati terpilih tulangbawang barat, umar-fauzi.
Share :

ragamlampung.com — Hasil penghitungan cepat (quick count) Charta Politika, calon tunggal Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tulangbawang Barat, Umar Ahmad-Fauzi Hasan, meraih suara sebanyak 96,6 persen, dengan partisipasi pemilih sebesar 89,68 persen.

Hasil ini diprediksi menjadi perolehan suara tertinggi pilkada serentak se-Indonesia tahun 2017 yang berlangsung Rabu (15/2/2017).

Manajer Riset Charta Politika Muslimin menjelaskan, Pilkada Tubaba terdapat 553 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan jumlah 197.263 Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Dari TPS tersebut, Charta Politika memilih 200 TPS sampling yang dipilih acak dengan metode stratified cluster sampling dan margin of error (moe +/-) sekitar 1 persen serta tingkat kepercayaan 99%.

Muslimin dalam keterangan tertulisnya, Rabu (15/2/2017), mengatakan, di tiap TPS sampling, Charta Politika menugaskan satu kontributor relawan yang bertugas mencatat hasil pemilihan dan mengirimkannya ke server di Jakarta.

Pada pukul 17.40 WIB, data yang masuk dari relawan ke server sudah mencapai 100 persen. Masuknya suara itu bisa diambil kesimpulan suara yang masuk sudah mencerminkan semua suara dalam quick count dan sulit berubah.

“Berdasarkan data di atas, pasangan Umar Ahmad- Fauzi Hasan menempati peringkat pertama dalam quick count pilbupt. Pasangan ini menang di semua kecamatan. Sementara partisipasi pemilih mencapai 89,68 peresn dan golput 10,32 persen,” katanya.

Quick count ini bukan hasil resmi KPU yang bisa menetapkan pemenang pilkada, namun kegiatan yang menggunakan metodologi yang benar merupakan kontrol bagi penyelenggara pemilu menentukan hasil pilkada.

Calon Bupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad berterimakasih atas partisipasi masyarakat yang tinggi itu. Partisipasi pemilih dan dukungan suara masyarakat tersebut bentuk nyata dukungan untuk keberlanjutan pembangunan di kabupaten ini. (ar)

Share :