Tulangbawang Barat Bangun Kawasan Perkotaan Baru

kantor pemkab tulangbawang barat
Share :

ragamlampung.com — Bupati terpilih Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Umar Ahmad berencana membangun sebuah kota baru. Program jangka panjang tersebut menjadikan kawasan transmigrasi wilayah Way Abung II menjadi kawasan perkotaan baru di wilayah timur laut Lampung.

Pembangunan kota ini terhubung langsung dengan pembangunan ruas jalan tol dan ruas jalan lintas timur.

“Ada tiga kecamatan di Way Abung sudah terbentuk menjadi sebuah kota transmigrasi. Kawasan inilah yang rencananya kita kembangkan menjadi kota baru sebagai pusat perkotaan sekaligus sebagai pusat perekonomian dan perdagangan,” katanya, belum lama ini.

Umar mengatakan, pembangunan kawasan itu diperuntukkan bagi masyarakat Tubaba, juga masyarakat dari kabupaten tetangga seperti Lampung Utara, Lampung Tengah, Way Kanan, Tulangbawang, Mesuji, dan Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan.

Ia berharap, kota baru menjadi destinasi wisata baru masyarakat Indonesia. Dan ini sejalan dengan ruas jalan tol Terbanggi-Pematang Panggang yang membelah wilayah Tubaba.

“Kota baru Tubaba bakal jadi kawasan perkotaan bagi warga kabupaten ini dan warga perbatasan kabupaten dan provinsi,” katanya. (ar)

Share :