Lampung Tunggu Petunjuk Kelola Pulau Betuah di Samudera Hindia

pulau betuah di kabupaten pesisir barat, lampung.
Share :
ragamlampung.com — Salah satu pulau dari 111 pulau kecil terluar di Indonesia sesuai keputusan pemerintah pusat, berada di Bengkunat, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung. Pulau Bertuah (Pulau Batukecil) itu memiliki luas 0,6 Km2, terletak di Samudera Hindia, dan memiliki ekosistem penting, seperti mangrove, penyu, lobster, dan lamun.
Pulau tersebut dekat dengan Menara Blimbing, Tanjung Belimbing, Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC). Untuk sampai tujuan membutuhkan waktu 8 jam perjalanan laut dari Kota Agung, Tanggamus ke Krui, Lampung Barat.
Keputusan Presiden Nomor 6 Tahun 2017 menetapkan 111 pulau kecil terluar Indonesia. Keputusan baru itu merevisi Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Pulau-Pulau Kecil Terluar, hanya ditetapkan sebanyak 92 pulau kecil terluar.
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Lampung Ilyan Hayani mengatakan, Senin (13/3/2017), daerah belum bisa mengelola atau menindaklanjuti keputusan tersebut, karena semuanya wewenang pemerintah pusat.
”Kami belum dapat petunjuk teknis soal pulau itu, tapi setelah ada keputusan ini negara bisa mengoptimalkan pemanfataaan sumber daya alam pulau-pulau terluar,” katanya. (ar)
Share :