Kisah Seorang Manusia Hidup 41 Tahun di Hutan

ho van lang, tarzan dari vietnam.
Share :

Selama empat dekade lebih, Ho Van Lang hidup di hutan lebat, menjalani hidup layaknya Tarzan. Ho kini memiliki kehidupan beradab, tinggal bersama manusia sejak tiga tahun terakhir. Tapi, awalnya ia harus beradaptasi sebagai manusia dan nyaris tidak tahan menjalani hidup normal. Ia sempat sakit dan beberapa kali berpikir kembali lagi menjalani hidup di hutan.

Ho kini dijuluki “Tarzan Vietnam”, ayahnya 41 tahun lalu membawanya bersembunyi dan hidup di hutan karena desanya diserbu tentara Amerika Serikat. Di hutan mereka bertahan hidup dengan berburu dan mencari makanan secara naluriah, mereka pun tinggal di pohon atau gua, yang penting tempat aman dari serangan binatang buas.

Tahun 2013 lalu, pihak berwenang Vietnam menemukan mereka dan membawanya ke desa tempat saudara mereka yang sebelumnya hilang. Berita itu menyebar cepat ke belahan lain di dunia, hingga tahun 2015, Alvaro Cerezo, managing director Docastaway, berhasil membuat film dokumenter tentang Ho.

Ho menuturkan saat di hutan hanya menjumpai lima orang lain, tapi tiap bertemu orang yang tak dikenal, ia selalu lari dan bersembunyi. ”Orang-orang bisa menyakiti saya,” katanya, Jumat (17/3/2017). Kini ia mengaku betah tinggal di desa bersama warga lainnya, meski harus belajar lagi tentang kehidupan manusia. (ar)

Share :