Potensi Ikan Hias Besar tapi Tak Didukung Anggaran

Share :

ragamlampung.com — Budidaya ikan hias memiliki prospek cerah di Kabupaten Tulangbawang Barat. Tapi, pengembangan dan pemberdayaannya masih minim, bahkan instansi terkait yakni Dinas Perikanan (Diskan) tidak memiliki anggaran untuk sektor ini.

Kepala Diskan setempat Hidarsan, mengatakan, jika program itu terwujud akan menjadi salah satu langkah mencukupi kebutuhan ikan hias, bahkan untuk Provinsi Lampung. Tapi, pihaknya pada tahun ini baru bisa menyosialisasikan kepada masyarakat untuk memulai budidaya ikan hias tersebut.

Jika anggaran sudah tersedia, kata dia, Kamis (4/5/2017), pihaknya akan menyuplai benih ikan hias kepada masyarakat yang berminat membudidayakannya. “Tergantung dananya, apabila memadai kita sediakan benih ikan hias dan bagikan kapada masyarakat yang mengajukan melalui kelompok,” ujarnya.

Hidarsan mengatakan, budidaya ikan hias sebenarnya memungkinkan dikembangkan di daerah itu, karena pembibitannya tidak memerlukan tempat luas, meskipun sangat membutuhkan ketelitian pemeliharaannya. “Saya rasa di daerah ini bisa, apalagi masih banyak ikan lokal yang bisa menjadi ikan hias dan dikembangbiakkan,” ujarnya.

Ari (29), warga di Kecamatan Tulangbawang Tengah menyambut baik rencana tersebut, dia berharap program tersebut segera diwujudkan. “Ini sangat baik, karena walaupun ada masih sangat sedikit yang mengembangkannya,” katanya. (ar)

Share :