Komunitas Sadar Kesehatan Lampung Dideklarasikan

Share :

Diawali dengan Pengobatan Gratis  

ragamlampung.com – Komunitas Sadar Kesehatan (KSK) Lampung dideklarasikan di Bandar Lampung, Minggu (21/05/2017)

Kehadiran KSK ini diharapkan mampu membantu tugas pemerintah mengingat bila  hanya mengandalkan Pemerintah saja tidak akan cukup untuk mewujudkan keluarga sehat ditengah masyarakat. Membangun kesadaran masyarakat terhadap hidup sehat merupakan peranan penting yang diharuskan.

Pengobatan gratis a wali deklarasi Komunitas Sadar Kesehatan Lampung

Memang upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Lampung, khususnya yang menyangkut pemeliharaan kesehatan masyarakat dan keluarganya merupakan kewajiban Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Hal ini ditinjau dari perspektif hukum perundang–undangan yang berlaku maupun perspektif sosial yang berhubungan dengan hak individu dan masyarakat, karena semakin tinggi derajat kesehatan seseorang semakin besar potensi pelayanan kesehatan yang dapat ditingkatkan.

“Saat ini semakin banyak masyarakat yang mengalami masalah kesehatan sejak usia dini, hal ini dikarenakan gaya hidup yang tidak sehat yang dilakukan orang tua secara turun menurun. Karena pengetahuan masyarakat yang minim mengenai pola hidup sehat dan kesehatan,” ungkap dr. Zam Zanariah, Sp.S.,M.Kes. selaku Ketua Komunitas Sadar Kesehatan (KSK) Lampung dalam Deklarasi komunitas tersebut, Minggu, (21/05/2017).

Foto bersama usai deklarasi Komunitas Sadar Kesehatan Lampung

Dalam Deklarasi tersebut, Zam Zanariah menyebut, KSK Lampung  siap membantu upaya Pemerintah dalam meningkatkan pemeliharaan  kesehatan masyarakat Lampung.

Diterangkan Zam, ada 3 Program Unggulan yang akan dilaksanakan KSK Lampung yaitu Health Care, Education Care, Environmental Care.

Ketiga program unggulan tersebut nantinya akan diturunkan melalui berbagai kegiatan antara lain pengobatan dan sunatan massal, seminar kesehatan, senam sehat bersama, pembagian brosur dan buku saku kesehatan, pemilihan duta kesehatan lampung, penyuluhan kesehatan, operasi katarak, pemesanan kaki palsu. Tentunya kegiatan ini akan melibatkan banyak unsur baik masyarakat maupun pemerintah.

“Diharapkan melalui komunitas ini membantu memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mendapatkan informasi tentang pemeriharaan kesehatan yang bermula dengan  membangun kesadaran masyarakat untuk selalu melakukan pola hidup sehat,” tutup Zam Zanariah.

Komunitas yang diinisiasi dr Zam Zanariah, bersama kedua aktivis mahasiswa, Rosim Nyerupa (mahasiswa Unila) dan Rifqi Masyhuri Dinata (mahasiswa UBL) ini beranggota dari berbagai kalangan masyarakat. Baik mahasiswa maupun pemuda dan masyarakat secara umum yang peduli terhadap hidup sehat.

Pengobatan gratis bagi masyarakat dilakukan di Kelurahan Rajabasa Jaya. Agenda deklarasi ini diikuti ratusan masyarakat. Rosim Nyerupa,  ketua pelaksana, mengatakan masyarakat di kelurahan tersebut sepenuhnya dapat berobat gratis dengan membawa kupon yang telah dibagikan.

“Untuk pengobatan gratis, masyarakat dibagikan kupon. Selain pengobatan gratis, juga ada penyuluhan hipertensi dan senam bersama masyarakat setempat,” kata Rosim.

Untuk Informasi: Komunitas Sadar Kesehatan (KSK) Lampung beralamat di Jalan Untung Soeropati gg Mataram No 109 Labuhan Ratu. Nomor kontak: Rosim 081272550607, Rifqi 08117330607. Untuk menghubungi Email :  komunitassadarkesehatan@gmail.com.(rh)

Share :