Sabtu-Minggu: Puncak Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni

pelabuhan bakauheni, lampung selatan
Share :

ragamlampung.com — Puncak arus balik Lebaran di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan menuju Pelabuhan Merak, Banten, diperkirakan terjadi Sabtu (1/7) dan Mingggu (2/7). Sekitar 65 persen pemudik yang belum kembali ke pulau Jawa dari Sumatera, menyeberang pada hari itu.

Pihak PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry (Persero) (ASDP) Ferry Indonesia menyingkat waktu bongkar muat dari satu jam atau lebih hanya 45 menit, dan mengoperasikan kapal Roll On-Roll Off (Roro) berukuran besar. PT ASDP menyiapkan 36 kapal Roro, 24 di antaranya berukuran besar.

“Kami juga berharap pemudik memanfaatkan bufferzone atau pembelian tiket di luar pelabuhan supaya mengurangi penumpukan pemudik di Pelabuhan Bakauheni,” kata Dirut PT ASDP Ferry Indonesia Faik Fahmi, Sabtu (1/7/2017).

Calon penumpang di pelabuhan itu pada Jumat (30/6) harus menunggu hampir 2 jam naik ke kapal karena terlambat sandar di dermaga. Arus air laut saat itu kencang sehingga kapal harus menunggu di luar dermaga sampai normal kembali. (ar)

Share :