Alokasi Dana Desa Satu Kampung Bakal Dihentikan

ilustrasi
Share :

ragamlampung.com — Serapan Dana Desa (DD) tahap pertama di Kabupaten Tulangbawang tahun 2017, hampir rampung. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung (DPMPK) setempat mengklaim realisasi penyalurannya hingga awal bulan September ini mencapai 99,8 persen.

“Berdasarkan laporan tenaga ahli pendamping desa dan pihak kecamatan, serapan DD sudah sekitar 99,8 persen,” ucap kata Kepala DPMPK Tulangbawang Hamami Ria, Kamis (7/9/2017).

Hingga awal bulan ini, dari total 147 kampung yang berhak menerima DD tahap pertama, masih terdapat 2 kampung yang belum menikmatinya. Yakni Sumbersari dan Karya Cipta Abadi.

Kampung Karya Cipta Abadi diperkirakan tak akan menerima DD tahap pertama karena penduduknya tidak ada. Pada pilkada lalu mata pilihnya hanya sekitar 22 orang. Status kampung itu masih dibahas di DPRD dan instansi terkait.

Hamami mengatakan, target total anggaran DD tahap pertama sekitar Rp71,1 miliar lebih, saat ini untuk 147 kampung di 15 Kecamatan terserap Rp70,1 miliar. Dari jumlah anggaran tersebut, sekitar Rp958 juta lebih belum terserap. (ar)

Share :