Sia-Sia Hadapi Korea Utara dengan Ancaman Militer

ilustrasi
Share :

ragamlampung.com — Seorang pembelot dari kalangan pejabat tinggi Korea Utara mengatakan kepada anggota parlemen Amerika Serikat, Rabu (1/11), menyebarkan lebih banyak informasi di negara itu akan lebih efektif daripada mengeluarkan miliaran dolar untuk mengatasi ancaman militernya.

“Kami dapat mendidik populasi Korea Utara untuk berdiri dengan menyebarkan informasi dari luar,” Thae Yong-ho, kepala misi di kedutaan Pyongyang di Inggris sampai dia membelot tahun 2016. Thae muncul di Kongres dua hari sebelum Presiden AS Donald Trump mengadakan perjalanan pertama ke Asia sejak menjabat.

Ditanya jenis informasi yang dia diskusikan, Thae mengatakan latar belakang tentang pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, seperti tanggal lahirnya, untuk menyampaikan gagasan bahwa dia dan keluarganya ‘bukanlah tuhan.

“AS menghabiskan miliaran dolar untuk mengatasi ancaman militer namun berapa banyak yang dihabiskan AS setiap tahun untuk kegiatan informasi yang melibatkan Korea Utara dalam setahun? Sayangnya, ini mungkin sebagian kecil,” katanya, dilansir dari SCMP, Kamis (2/11/2017).

Thae melakukan kunjungan pertamanya ke Washington saat ketegangan internasional meningkat terkait program rudal nuklir dan balistik Korea Utara. Krisis ini diperkirakan mendominasi perjalanan Trump ke kawasan tersebut, termasuk pemberhentian di Korea Selatan.

Thae juga mengatakan kepada Komite Urusan Luar Negeri DPR bahwa pejabat AS harus bertemu dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong un, setidaknya sekali untuk mencoba memahami pemikirannya dan meyakinkannya bahwa dia mempertaruhkan pemusnah massal.

Thae mengatakan, Kim berpikir bahwa dia dapat memaksa Amerika Serikat untuk menerima Korea Utara sebagai negara yang memiliki tenaga nuklir dan dapat mengusir pasukan AS dari semenanjung Korea.

Thae adalah pembelot tingkat tertinggi dari Korea Utara dalam dua dekade. Dalam kesaksian emosional, dia menggambarkan sebuah kehidupan yang mencampuradukkan hak istimewa dan penindasan. (ar)

Share :