Pansus Diminta Usut Keterlibatan Oknum di Eksekutif dan Legislatif

Share :

Rekrutmen Penerimaan TKS di Tanggamus Tahun 2017 yang Diduga Bermasalah

ragamlampung.com – Dibentuknya panitia khusus (Pansus) oleh DPRD Tanggamus untuk menyelidiki rekrutmen TKS diapresiasi warga Tanggamus.

Warga meminta agar pansus ini bisa membuka secara terang benderang terlebih beberapa Fraksi di DPRD Tanggamus telah menyebut adanya keterlibatan oknum di legislatif dan eksekutif dilingkungan Pemkab Tanggamus.

Warga berharap agar Pansus ini bekerja secara cepat sehingga tidak memunculkan praduga tertentu.

“Setelah selesai tinggal rekomendasikan ke aparat hukum bila memang terbukti bersalah silahkan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku, ” kata Ali Imron, salah satu warga Tanggamus.

Sebelumnya juga, sekelompok massa yang mengatasnamakan lembaga swadaya masyarakat (LSM) Rakyat Menggugat, melakukan aksi demontrasi di depan kantor bupati Tanggamus, (5/10/2017).

Dalam aksinya, massa menyampaikan beberapa tuntutan, diantaranya agar mengusut tuntas dugaan pelanggaran aturan dalam perekrutan tenaga kerja sukarela (TKS) dilingkungan Pemkab Tanggamus tahun 2017.

Koordinator lapangan, Rosa Septiawan dalam orasinya mengatakan, bahwa terdapat sejumlah kejanggalan dalam rekrutment TKS dan sarat akan unsur KKN.

“Berdasarkan hasil investigasi, telaah dan kajian kami dalam proses rekrutmen TKS, kontrak yang dilakukan pemkab Tanggamus banyak kejanggalan, mulai dari perekrutan secara diam-diam, gaji yang tidak jelas diambil dari mana, harusnya perekrutan dilakukan secara transparan. Maka dari itu kami mencium kuat aroma KKN serta terindikasi adanya gratifikasi atau pungli dalam proses perekrutan tersebut, ” kata Rosa.

Kemudian massa meminta kepada DPRD Tanggamus untuk melaksanakan tugas sesuai dengan aspirasi masyarakat dan menyelesaikannya.

“Kami juga meminta aparat penegak hukum Kejari Tanggamus, Polres Tanggamus, Kejati Lampung dan Polda Lampung untuk segera bergerak cepat, turun kebawah untuk melakukan pemeriksaan dan penyelidikan terkait rekrutmen TKS, agar dibongkar hingga akar-akarnya,” harap Rosa.(red)

Share :