Bawaslu: Kerawanan Pemilu di Lampung Tingkat Sedang

Share :

ragamlampung.com — Provinsi Lampung dinilai wilayah kategori kerawanan tingkat sedang dengan skor 2,28 dalam pemilihan kepala daerah tahun 2018. Ada 13 provinsi lainnya dalam kategori tersebut. Sedangkan provinsi paling rawan terdiri Kalimantan Barat, Maluku, dan Papua dengan skor mencapai 3,00.

Riset tersebut dilakukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pusat terhadap 171 daerah yang akan mengadakan pilkada serentak tahun 2018. Riset kemudian dicatat dalam Indeks Kerawanan Pemilu (IKP).

Kategori kerawanan tinggi nilainya mencapai 3,00 hingga 5,00. Sedangkan kategori kerawanan tingkat sedang dengan skor 2,00 – 2,99.

Ketua Bawaslu Abhan mengatakan, di Jakarta, Selasa (28/11/2017), IKP Pilkada 2018 salah satu wujud pelaksanaan tugas pengawasan dan pencegahan Bawaslu. Yakni, dengan pemetaan dan deteksi dini potensi pelanggaran dan kerawanan pilkada serentak.

“Indeks ini sebagai early warning system di tiap tahapan di wilayah pilkada. Dengan IKP diharapkan bisa memetakan dan mendeteksi dini, serta referensi menentukan strategi pencegahan dalam pilkada,” katanya. (ar)

Share :