Zaiful Bokhari Serahkan Kartu Indonesia Sehat

Share :

ragamlampung.com,LAMPUNG TIMUR – Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari menyerahkan Kartu Indonesia Sehat secara simbolis dalam Acara Penyaluran KIS PBI APBN Periode IX dan X Tahun 2019 untuk Kecamatan Sekampung Udik dan Margatiga yang dipusatkan di Kecamatan Sekampung Udik, Selasa (01/10/2019).

Hadir dalam acara tersebut Anggota DPRD Kabupaten Lampung Timur, Gunadi, Plt. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lampung Timur, Tarmizi, Plt.Kepala Dinas Kesehatan Nur Syamsu, Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Lampung Timur, Yuliansyah, Seketaris Dinas Sosial M Hadiq, Camat Marga Tiga, Sadarudin beserta Forkopimcam, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kecamatan Margatiga serta Camat Sekampung Udik, M. Edy Susilo beserta Forkopimcam dan TKSK dari Kecamatan Sekampung Udik itu.

Dalam sambutannya, selaku orang nomor satu di Kabupaten Lampung Timur Zaiful menyampaikan bahwa program ini sangat penting bagi masyarakat Indonesia karena dapat digunakan untuk berobat secara gratis diseluruh Indonesia.

“Kartu kis ini dapat bapak ibu gunakan untuk berobat secara gratis di seluruh Indonesia. Bisa dipuskesmas maupun di Rumah Sakit Umum Sukadana, Metro, Bandar Lampung bahkan di Jakarta,” paparnya.

Terkait masalah expirednya kartu kis yang banyak terjadi di Indonesia, bahkan di Lampung Timur sendiri sebanyak 21.000 kartu kis tidak dapat digunakan tahun lalu.

“Oleh karena itu nanti akan disosialisasikan melalui kepala desa dan pamong desa bahwa bagi siapa saja yang nantinya menerima kartu ini harus segera di daftarkan di puskesmas di daerah masing-masing agar ketika nanti membutuhkan kartu sudah dapat digunakan dan tidak ada persoalan ketika ingin menggunakan,” ungkapnya.

Pada momen itu Zaiful juga menjelaskan bahwa bagi masyarakat Lampung Timur tidak perlu khawatir jika tidak mendapatkan kartu kis ini karena Pemerintah Lampung Timur sendiri telah memprogramkan pengobatan gratis untuk masyarakat Lampung Timur yang tidak tercover oleh BPJS dan KIS.

“Pemerintah Lampung Timur tertanggal 1 september kemarin kita telah meluncurkan program pelayanan kesehatan untuk warga lampung timur yang tidak memiliki kis dan bpjs untuk bisa berobat dipuskesmas yang ada di Lampung Timur dan Rumah Sakit Umum Sukadana cukup dengan menunjukkan ktp dan fotokopy kk,” ujarnya.

Tak berhenti sampai disitu Zaiful menambahkan, selain memiliki program pengobatan gratis Pemerintah Lampung Timur juga memiliki program ambulan gratis, program kartu identitas anak, serta perbaikan infrastruktur jalan.

Lebih lanjut pria yang memiliki hobi berspeda itupun menjelaskan bahwa Pemkab Lampung Timur juga memiliki program pembuatan kaki dan tangan palsu bagi warga yang kurang beruntung seperti mengalami kecelakaan atau musibah.

“Kita juga membantu mereka untuk membuatkan kaki dan tangan palsu serta kita membantu untuk menyiapkan kursi roda bagi saudara kita yang membutuhkan, artinya program ini memang kita peruntukkan untuk warga masyarakat lampung timur karena ini sebagai bentuk tanggung jawab bupati lampung timur kepada warganya,” ungkapnya lagi.

Sebelum mengakhiri penyampaiannya, Zaiful menambahkan bahwa terdapat pula program untuk membantu ibu-ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan dalam rangka membantu suami.

“Apa yang dibutuhkan dalam rangka membantu suami dirumah sehingga ibu ibu harus memiliki kreatifitas, jika sudah ada silahkan koordinasikan dengan kepala desa dan camat apa yang dibutuhkan silahkan bisa diajukan, hal ini merupakan salah satu bentuk perhatian Pemerintah Lampung Timur dalam rangka membantu agar Masyarakat Lampung Timur ini bisa lebih sejahtera,” pungkasnya. (imron)

Share :