Pemerintah Kota Metro Belum Usulkan Penetapan PSBB

Share :

ragamlampung.com,Metro – Pemerintah Kota Metro mengaku belum mengusulkan penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Meski begitu masyarakat diimbau untuk mematuhi anjuran pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran Corona Virus Diseases 2019 (Covid-19) di Bumi Sai Wawai.

“Kita belum usulkan. Karena untuk mengusulkan PSBB ini kan juga ada beberapa kriterianya. Seperti jumlah penderita yang positif dan persentase peningkatannya,” ujar Sekda Kota Metro yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, A. Nasir, Selasa (23/4/2020).

Diakuinya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah meminta untuk setiap daerah memetakan wilayahnya terutama dampak Covid-19. Namun untuk Kota Metro saat ini masih ditetapkan dalam Zona Hijau. Meski begitu langkah antisipasi juga terus dilakukan salah satunya dengan melakukan sterilisasi di 3 pintu masuk Kota Metro.

“Mumpung kita masih Zona Hijau, patuhi anjuran pemerintah. Kalau dibiarkan saja, masuk Zona Merah mau tidak mau kita harus PSBB. Kalau sudah PSBB ekonomi kita bisa lumpuh, karena tidak ada aktivitas di luar rumah. Kalau sekarang kan masih bisa, masih bergerak sedikit-sedikit masih bisa,” ujarnya.

Karenanya Nasir mengimbau kepada masyarakat untuk mengikuti anjuran pemerintah. Seperti dengan melakukan Social Distancing atau menjaga jarak, tetap di rumah jika tidak ada kepentingan dan mengenakan masker jika harus keluar rumah.

“Tetap berdiam diri rumah jika tidak ada kepentingan. Selalu membiasakan mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak dengan orang lain dan gunakan masker jika memang terpaksa harus keluar rumah,” Ucapnya. ($$)

Share :