Desa Raman Fajar Punya Trik Tersendiri Jalankan Roda Pemerintahan

Share :

ragamlampung.com,lampung Timur – Kepala Desa Raman Fajar Sehono, S.E punya trik tersendiri dalam menjalankan roda pemerintahan di daerah tersebut, Minggu (17/05/2020).

Pembangunan desa dan pemberdayaan di tingkat dusun, salah satu sentuhan khusus dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan di desa.

Salah satu contoh kongkrit, pemerintah desa dalam memanfaatkan dalam pembangunan desa, melalui dana desa yang diberikan kepada setiap desa. Dalam pengelolaan dana desa membutuhkan berbagai data terkait kependudukan, kelembagaan, dan karakteristik spesifik desa dalam pengelolaan dana guna menunjang proses perencanaan pembangunan desa.

Kepala Desa Raman Fajar Sehono, S.E mengatakan data desa digunakan dalam proses analisis dan penyusunan program dalam merencanakan pembangunan desa agar pembangunan tersebut dapat diterima dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Kunci penting nya dalam pembangunan dan pemberdayaan, kita harus berbicara data. Mengapa pentingnya data desa dalam proses perencanaan pembangunan desa membuat pemerintah desa harus berusaha untuk menyediakan data terkait karakteristik spesifik desanya, apa lagi mengingat Covid-19,”ujarnya.

Dalam pengembangan desa, profil desa sangat penting untuk menunjang pembangunan desa yaitu sebagai data dasar yang dibutuhkan dalam proses penyusunan rencana pembangunan desa. Profil desa digunakan sebagai pedoman dalam proses perencanaan pembangunan desa dalam bentuk pembangunan fisik dan program peningkatan kapasitas penduduk desa.

Lebih lanjut, Kata Kepala Desa terlepas dari profil desa, dalam situasi seperti ini, para perangkat desa bekerja keras dalam penanggulangan dan pencegahan Covid-19. (imron)

Share :