Ancaman Topan Debbie, Ribuan Warga Queensland Disiapkan Mengungsi

Share :

ragamlampung.com — Ribuan warga Australia yang tinggal di daerah pesisir bagian timur laut, diimbau bersiap-siap menghadapi risiko terburuk dan mengungsi karena ancaman topan Debbie, Senin (27/3/2017).

Biro Meteorologi Australia melaporkan, kekuatan topan Debbie diperkirakan menguat ke tingkat badai kategori empat, membawa angin dengan kecepatan sampai 300 km per jam sebelum mendarat di negara bagian Queensland pada Selasa pagi. Skala intensitas badai Saffir Simpson meliputi lima tingkat dengan tingkat lima yang terkuat.

Perdana Menteri Queensland Annastacia Palaszczuk mengatakan, prediksi itu memperingatkan akan terjadi badai paling kuat yang melanda negeri sejak Topan Yasi tahun 2011. Kala itu topan menghancurkan rumah-rumah, merusak lahan pertanian, dan menghancurkan resor di pulau itu. “Ini akan menjadi topan yang menakutkan,” kata Palaszczuk, kepada televisi Nine Network. “Anginnya benar-benar akan sangat besar.”

Militer sudah siaga memberi bantuan kalau badai melintas. Sementara perusahaan-perusahaan energi dan bahan bakar menyetok pasokan dan persediaan makanan ekstra sudah dikirim ke daerah-daerah yang kemungkinan akan membutuhkan. (ar)

Share :